Kebon Genjer di Kemayoran


Tanaman Genjer 

Mungkin anak sekarang banyak yang tidak tahu apa itu genjer. Genjer dikenal dengan banyak sebutannya, haleyo (batak), eceng (melayu), genjer, saber (sunda) dan centongan (jawa). Ciri-ciri tanaman ini daunnya berwarna hijau dengan lapisan lilin sehingga terlihat mengkilat, batangnya berpori mirip dengan batang pisang, karena merupakan tanaman air. Daun dan bunga genjer bisa dijadikan meu masakan yang lezat. Biasanya dimasak dengan cara di tumis, pecel atau jadi campuran gado-gado. 

Di kemayoran tahun 60’an terdapat kebon Genjer, orang kemayoran menyebutnya demikian. Tanaman ini tumbuh liar di tepi persawahan atau juga parit-parit yang jarang terurus. Karna itu mendapatkannnya mudah tanpa harus membeli. Karna mudah dan tanpa harus membeli, sebagian orang kemayoran menganggap memakan genjer identik dengan kemiskinan. Lokasi kebon genjer ini deket dengan kandang kambing utan panjang.


Kandungan Genjer :
Unsur gizi yang dikandung tanaman sayur genjer ini , setiap 100g genjer mengandung energi 39 kkal, 1,7 g protein, 7,7 karbohidrat, 62 mg kalsium , 33 mg fosfor, dan 2.1mg zat besi . Selain enak tanaman genjer ini kaya akan serat, sehingga baik untuk menjaga saluran pencernaan kita, jika kita rajin untuk mengkonsumsinya. Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, daunnya juga mengandung flavonoida dan polifenol.

By : Davi Kemayoran

Komentar